Perkuat Bisnis Solusi SIG Ciptakan Keunggulan Kompetitif Melalui Budaya Inovasi

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Melalui semangat Go Beyond Next, SIG terus berinovasi untuk selalu bertindak beda dan melampaui jangkauan dengan menghadirkan solusi dan produk berkualitas, teknologi berkelanjutan, serta layanan profesional. SIG pun terus memperkuat kapabilitas guna mendorong pertumbuhan yang berkesinambungan dan memantapkan posisi sebagai pemimpin industri bahan bangunan di Indonesia.

Pada ajang SIG Group Innovation Award (SIGIA) tahun 2022 lalu merupakan ajang kompetisi inovasi tahunan. Di situ SIG berhasil menjaring 188 inisiatif inovasi terimplementasi yang tersebar pada unit operasi perusahaan di Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Vietnam.

Salah satu tim inovasi dari Mining SHE (Safety, Health, Environment) Pabrik SIG Tuban, Jawa Timur contohnya, telah menerapkan Driving Monitoring System pada aktivitas pertambangan sejak tahun 2022. Driving Monitoring System adalah inovasi dalam aktivitas pengangkutan material tambang di area Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi SIG GHOPO Tuban dengan memasang Incabin Camera dan Fatigue Sensor pada kendaraan operasional.

Konsep Driving Monitoring System adalah monitoring secara realtime dalam kabin dan manajemen fatigue pekerja untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat fatigue atau kelelahan kerja dan unsafe actions saat bekerja. Selain meningkatkan performa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), melalui monitoring violation/pelanggaran operator alat berat, Driving Monitoring System ini juga dapat memonitor produktifitas pekerja melalui tracking posisi peralatan alat berat tambang.

Incabin Camera berfungsi untuk memantau dan merekam perilaku pengemudi selama bertugas untuk memastikan kegiatan operasional berjalan sesuai SOP (standard operating procedure) dan aspek K3. Sementara Fatigue Sensor akan memberikan tanda peringatan saat mendeteksi pengemudi menunjukkan kondisi kelelahan, seperti mengantuk. Dengan demikian, Behaviour Based Safety (BBS) dapat ditingkatkan untuk mencapai zero accident.

Zainul Arifin (50 tahun), salah seorang pengemudi yang bertugas di area tambang SIG GHOPO Tuban, merasa terlindungi oleh Driving Monitoring System ini. Menurutnya, sistem ini membantu memberikan peringatan saat dirinya mengantuk dan kurang konsentrasi, atau secara tidak sengaja melakukan hal di luar SOP, sehingga dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja. Sistem ini bagus sekali, khususnya ketika tugas malam. Jangankan ngantuk, kepala saya bergerak tidak sesuai posisi, itu langsung ada tanda peringatan. Bahkan, bagaimana saya menjalankan mobil ini, misal saya rem mendadak itu terekam, ungkap pria yang telah bekerja sejak tahun 1994 ini.

General Manager of Corporate Communication SIG Arif Gunawan Sulistiyono mengatakan, inovasi menjadi kebutuhan untuk menciptakan keunggulan kompetitif maupun komparatif sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk selalu memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan dan menjaga ketahanan bisnis perusahaan di masa mendatang.

‚ÄúDriving Monitoring System sejalan dengan salah satu fokus SIG pada aspek K3 sebagai wujud komitmen keberlanjutan SIG dalam pilar menciptakan nilai untuk karyawan dan komunitas dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Di luar itu ada ratusan inovasi lain terkait dengan optimalisasi produksi, efisiensi operasi, sustainability, produk dan jasa, serta digitalisasi,” kata Arif Gunawan.

Tentang SIG
SIG atau PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, adalah perusahaan BUMN klaster infrastruktur yang tercatat di PT Bursa Efek Indonesia, dengan 51% saham dimiliki Pemerintah Indonesia. Bertransformasi sejak tahun 2013 kini SIG telah menjadi penyedia solusi bahan bangunan terdepan di kawasan regional, menjangkau pasar Asia, Australia dan Oceania.

Berbekal pengalaman lebih dari 100 tahun, SIG sebagai holding BUMN semen menyatukan enam anak usaha produsen semen yaitu, PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, PT Semen Baturaja Tbk dan Thang Long Cement Company, Vietnam. Di bawah SIG, perusahaan semen nasional tersebut berkomitmen menyediakan solusi bahan bangunan dengan prinsip berkelanjutan untuk menjaga keanekaragaman hayati dan mengurangi emisi gas rumah kaca. (*)

Reporter : Azharil Farich

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *