Kuasai Elektoral Jatim, Prabowo – Gibran Terbuka Menangkan Pilpres 2024

SURABAYA (KABARJAWATIMUR.COM) Calon Preisden (capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka dinilai semakin potensial memenankan Pilpres 2024. Hal tersebut tidak terlepas dari tingginya elektabilitas Prabowo – Gibran di wilayah Jawa Timur (Jatim).

Seperti terekam dalam hasil survei terbaru Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) periode 22-27 Oktober 2023. Prabowo- Gibran berada di urutan pertama elektabilitasnya di Jatim dengan 40,1 persen.

Jumlah tersebut mengalahkan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan 35,9 persen. Prabowo – Gibran juga mengalahkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan 22,2 persen.

“Elektabilitas Prabowo-Gibran juga sudah sangat kuat di Jatim, terbukti dalam survei ARCI yang menemukan Prabowo-Gibran tertinggi,” kata Direktur Eksekutif Partner Politics AB Solissa.

Selain itu, Solissa juga menyoroti hasil survei Polling Institute periode 25-28 Oktober 2023 kemarin. Survei itu juga menemukan Prabowo – Gibran yang tinggi di Jatim dengan 33 persen.

Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan 26,5 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi ketiga dengan 25,3 persen.

Dia menilai, dengan elektabilitas setinggi itu, sangat mudah bagi pasangan Prabowo-Gibran untuk memenangkan Pilpres 2024 mendatang. Prabowo dan Gibran sangat mampu mendapat dukungan dari wilayah dengan basis terbanyak kalangan Nahdlatuk Ulama (NU) tersebut.

“Melihat tren pemilih serta dukungan tokoh-tokoh berpengaruh di Jatim, rasa-rasanya tidak terlalu sulit bagi pasangan Prabowo-Gibran untuk memenangkan pertarungan di basis pemilih yang mayoritas didominasi oleh warga¬†NU¬†tersebut,” pungkasnya. (KJT)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *