Cara Kiai Muda Jawa Timur Tingkatkan Kesadaran Warga untuk Jaga Kebersihan Lingkungan

SURABAYA – Pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur, bersilaturahmi dengan puluhan ibu-ibu yang berada di Kedinding Lor, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya.

Mereka mengajak para perempuan single parent dan masyarakat pada umumnya untuk menjaga kebersihan lingkungan bersama.

Koordinator Wilayah Kiai Muda Jawa Timur, Gus Ali Baidlowi mengatakan ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan itu dilakukan Kiai Muda Jawa Timur dengan memberikan bantuan alat kebersihan berupa tempat sampah dan sapu untuk warga Kedinding Lor.

“Kami memberikan beberapa alat kebersihan, seperti sapu, beberapa jenis tempat sampah dan juga tempat sampah geret yang besar untuk menampung sampah-sampah dari warga agar kebersihan di lingkungan dapat tercipta,” ujar Gus Ali di lokasi pada Kamis (9/2/2023).

Ia menambahkan, belasan tempat sampah dan sapu tersebut pun disebar di beberapa titik. Tujuannya, agar makin banyak warga yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka.

Meski diguyur hujan, para single parent dan masyarakat Kedinding Lor begitu antusias mengikuti rangkaian kegiatan Kiai Muda Jawa Timur pada Kamis malam itu. Mereka juga sepakat untuk menjaga kebersihan lingkungan yang dimulai dari warga antar RT dan RW.

“Alhamdulillah antusias masyarakat luar biasa. Meskipun pada saat ini mulai diguyur hujan, tetapi antusiasnya luar biasa. Semangat warga untuk gotong royong, bahu membahu, kerukunan antar warga luar biasa tercipta,” jelas Gus Ali.

Dia berharap dengan adanya silaturahmi sekaligus pemberian bantuan tempat sampah dan sapu tersebut, warga Kedinding Lor makin bersemangat untuk bahu membahu dan juga rutin gotong royong menjaga kebersihan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kita bisa bersama-sama menciptakan kebersihan lingkungan, menciptakan kebersihan pada lingkungan sekitar kami dan juga kesadaran diri untuk gotong royong menjaga kerukunan antar umat beragama dan antar tetangga di sini,” ucap Gus Ali.

Pada kesempatan itu, Kiai Muda Jawa Timur juga mengadakan doa bersama dan diskusi Fiqih Kewanitaan yang diikuti dan disimak secara saksama seluruh warga yang hadir. Kiai Muda Jawa Timur juga menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

Adapun, para ibu single parent yang mengikuti kegiatan Kiai Muda Jawa Timur itu tergabung dalam Komunitas Majelis Taklim Janda Surabaya dan Jamiyyah warga Surabaya.

Salah satu warga Kedinding Lor, yang juga seorang single parent bernama Kastiah menyebutkan, kehadiran sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur ke tempat tinggalnya begitu membantu serta memberikan banyak ilmu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, utamanya ihwal kebersihan lingkungan.

Menurutnya, tak banyak organisasi atau sukarelawan yang memperhatikan para single parent. Sehingga, ia mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Kiai Muda Jawa Timur kepada para single parent, khususnya di Kedinding Lor.

“(Kehadiran) relawan di sini kami sangat senang adanya Kiai Muda itu. Kami semakin terbantu, semakin sukses di kampung, semakin maju,ā€¯pungkasnya. (*)

Reporter: Eko

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *